Thursday, May 10, 2007

Cara Melewati Tanjakan Curam


Yang tau elmu nanjak, pasti mau bagi2 elmunya cara untuk bisa melewatitanjakan yang paling curam.Sebenernya sih susah2 gampang, syaratnya kamu harus memilikikeseimbangan, goesan sempurna, kaki kuat dan gir rendah. Sebenarnyatanpa teknik yang baik, tidak ada satupun yang akan dapat membuat kamumencapai 0,5m lebih tinggi dari tanjakan yang biasanya selama inidapat dilewati. Kebanyakan dari kita, menganggap tanjakan curam adalahsama dengan kekalutan / kebingungan / kekacauan goesan untuk melewatitanjakan dengan tetap di atas sepeda, tanpa TTB ( Tun-Tun-Bike ).
Ketekunan, tenaga dan ilmu terapan adalah sarana terbaik Mtb'er untukdapat melewati tanjakan yang paling gahar sekalipun. Seni / caramelewati tanjakan curam dapat digambarkan pada tiga ketrampilan teknikdasar:(1) Posisi tubuh yang benar.(2) Menjaga goesan.(3) Mengetahui apa yang sebaiknya tidak boleh dilakukan.Sekali kita menguasai dasarnya, tanjakan yang tidak mungkin bisadilewati akan berubah menjadi mungkin. Ketika ada kompetisi Up-hill,kenapa kita harus jadi penonton? Apa kita nggak pingin jadi jagoantanjakan? He..hee…heee!!!
Langkah Pertama:KITA DAPAT MENGUASAI NANJAK BUNGKUK
Untuk dapat melewati tanjakan yang paling curam, kita harus bersediamemohon pada MBAUREKSO-nya goesan dan kekuatan. Dan di BENAK kita akantimbul pertanyaan : Gimana sih caranya ato posisinya ngegenjot yangefisien? Apa nggenjotnya berdiri waktu tanjakan mulai terasa berat?Gimana kalo menunjukkan kejantanan kita dengan ngegenjot sepol-polnyatenaga dengan cepet??? Yaaah... yang bener aja! Nggak laahhh yaouw !!!
Cara terbaik untuk dapat melewati tanjakan yang sangat curam adalahkita harus menguasai cara nanjak secara bungkuk. Ini adalah aturancara nanjak yang bener.
1: Jangan sprint di bagian awal tanjakan, karena kita akan sangatmemerlukan semburan tenaga pada bagian ujung / puncaknya.
2: Gunakan gir yang sedeng, tetep jaga kecepatan kita sepanjang bagianbawah dan di bagian mudah dari tanjakan itu. Ketika tanjakannya jadisemakin curam, ganti ke gir yang semakin rendah (enteng) dan gera'kanpantat kita, ke ujung depan saddle, tapi jangan terlalu jauh, jangansampai ban belakang kita slip pada tiap goesan.
3: Pindahkan beban tubuh kita ke pinggang untuk menjaga sebanyakmungkin berat pada roda belakang, tanpa membuat roda depan kitaterangkat.Posisi ini akan terasa sangat aneh karena kita membungkuk di atas Toptube dan nggenjot rasanya tidak nyaman ( padahal ini malah bener).
Langkah Kedua:KITA PILIH JALUR LINTASAN YANG TERBAIK
Pandanglah bagian atas tanjakan dan pilihlah jalur lintasan terbaikyang akan kita lewati. Hindarilah sebisa mungkin pada bagian yangberbatu dan terlalu becek.Sewaktu nanjak, pandangilah lintasan bagian depan roda( + 0,5meterminimum) sambil mendengarkan bunyi roda belakang yang nyaris slip,tapi masih punya traksi. Gerakkan punggung ke depan dan belakang dariposisi bungkuk tersebut untuk menjaga bunyi itu.Hal ini adalah cara untuk menyeimbangkan kebutuhan berat pada rodadepan untuk tetap menjejak tanah dengan traksi maksimum kita yangtersedia. Jangan mondar-mandir di atas saddle (kaya strikaan), karenakita tidak dapat melakukan hal ini cukup cepat untuk membuatpergeseran berat yang pas. Dalam posisi ini, badan kita akan rendah,siku nekuk dan kepala maju. Yah persis seperti soang yang mau nyosorgitu.
Langkah Ketiga:RAHASIANYA BUKAN HANYA PADA KEKUATAN KITA
Dalam situasi traksi minimal, ngangkat pantat dari saddle, biasanyajadi pertanda dari akhir genjotan dan dimulainya TTB. Tetaplah dalamposisi bungkuk sampai kita sudah bisa melewati bagian yang palingcuram dari tanjakan itu. Yah, kita orang pasti tau lah kalo carangegenjot kayak gini pasti bikin pegel.Kesalahan kita sewaktu nanjak yang paling umum terjadi adalahmemindahkan posisi tubuh ke depan waktu ban depan sudah melewati ujungtanjakan, padahal ban belakang masih dalam kondisi nanjak. Hal iniakan mengambil beban dari ban belakang ( yang masih di tanjakan) danmenghapus semua traksi kita.Lakukanlah ini !!! dan kita akan gagal nanjak.Jangan nyerah!!! Kalau kebetulan kita keluar dari jalur yangseharusnya, usahakanlah bertahan dan cari jalan alternatif ke atas.
Ingat, kita tidak akan mempunyai tenaga yang sama banyaknya kalau kitasampai gagal nanjak dan harus nyoba untuk nanjak lagi.Keluarkanlah semua tenaga kita untuk melewati tanjakan itu dengan carayang nalar dan ilmiah.
Nambah Bener : Pada tanjakan yang licin, kita memerlukan kemampuankhusus dalam melakukan Pedaling, untuk bisa melintasi tanjakantersebut. (Gimana Yaaa? ...Aaada' Ajah)
JANGAN MUDAH PUTUS ASA, AYO TERUS KITA COBA SAMPAI BISA !!!

1 comment:

abel said...

Thanks atas ilmunya om,segera gw terapkan